Artikel

Cara Praktis Penuhi Kebutuhan Vitamin C Anak yang Beranjak Remaja  

Post pada 03 Feb 2021

Ternyata kebutuhan vitamin C untuk laki-laki dan perempuan saat beranjak remaja berbeda.  Remaja putri berusia belasan tahun memerlukan asupan vitamin C hingga 65 miligram per hari, sedangkan remaja putra berusia belasan tahun adalah 75 miligram per hari.
 
Vitamin C merupakan nutrien yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C yang dikenal dengan sebutan lain asam askorbat ini berperan dalam pembentukan jaringan kolagen. Selain itu membantu fungsi antioksidan tubuh dalam menetralkan radikal bebas. Berikut beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui:
 
a. Merawat Kesehatan
 
Manfaat konsumsi vitamin C juga dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Bukan hanya itu, vitamin C membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi.
 
b. Melindungi kulit
 
Manfaat vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, mampu menjaga keremajaan, dan mencerahkan kulit.
 
c. Mengontrol tekanan darah
 
Dalam studi Johns Hopkins University, bila rutin mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari maka bisa menurunkan tekanan darah sistolik. Menurut ahli, vitamin C dalam dosis tinggi tersebut memberikan efek diuretik, yang mendorong kelebihan cairan dari dalam tubuh. Hal itu turut membantu menurunkan tekanan darah secara alami.
 
d. Mencegah penyakit
 

Vitamin C dapat menjadi tameng bagi tubuh untuk melawan penyakit dan sel kanker karena fungsinya yang membantu penyerapan zat besi. Oleh karena itu, penyakit seperti batuk dan pilek dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin ini dalam tubuh.
 
Menurut laman Lembaga Kesehatan Nasional (NIH) Amerika Serikat, tubuh tidak memproduksi ataupun menyimpan Vitamin C. Karena larut dalam air, kelebihan vitamin itu akan keluar bersama urine. Untuk memastikan kecukupan vitamin C, kita perlu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin itu setiap hari.
 
Ketika tubuh kekurangan vitamin C, efek yang dirasakan mudah terlihat. Mulai dari sariawan, bibir pecah, lesu, dan lainnya.
 
Apabila hingga usia remaja anak masih sering memilih-milih makanan, maka tidak salahnya memberikan cemilan enak dengan kandungan vitamin C yang tinggi.
 
Misalnya produk dari Unifam berlabel PINO Jelly. Selain Tinggi Vitamin C dan kaya akan serat, rasa dan aroma buah mangga dan nanas dalam PINO Jelly sangat segar.  Tentu dengan konsumsi PINO Jelly setiap hari, maka dapat membantu perkuat daya tahan tubuh selama masa pandemi. Kandungan gizinya yang baik untuk tubuh, membuat PINO Jelly aman untuk konsumsi seluruh anggota keluarga.
 
Dengan bahan baku konnyaku, membuat PINO Jelly High Vit C menjadi camilan kapan saja dan bikin kenyang tapi rendah kalori hanya 70 kalori per cup-nya. Setidaknya bisa menekan rasa bersalah setelah ngemil.

Baca juga: Jangan Buru-Buru Tuduh Camilan Biang Kerok Tubuh Melar

Bagikan Artikel