Artikel

Cara Nikmati Minuman Dingin Tanpa Was-was Gigi Ngilu

Post pada 31 Aug 2022

Minuman dingin memang menghadirkan sensasi kenikmatan tersendiri. Apalagi dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Segeerrrr banget di tenggorokan. Hanya ada sebagian orang yang nggak berani menenggak minuman dingin. Apalagi kalau khawatir merasakan gigi ngilu.

Memang secara logika, sensasi dari minuman dingin akan menyebar ke seluruh rongga mulut dan tenggorokan. Meski rasa dingin itu mengenai bagian yang sehat dalam rongga mulut, maka tidak akan menimbulkan keluhan apapun. Berbeda ketika lagi ada masalah dengan gigi.

Sejatinya ada dua faktor yang memicu gigi ngilu akibat minuman dingin. Pertama adalah gigi berlubang karena terkikisnya jaringan lapisan terluar atau enamel. Karena enamel sudah tiada, maka tersisa lapisan dentin yang sangat peka terhadap sensasi dingin.

Kedua karena gigi sensitif di mana merasakan ngilu yang tajam dan singkat karena sensasi dingin atau panas. Gigi sensitif dipicu dari kesalahan dalam menyikat gigi maupun gigi yang mengalami penurunan gusi akibat penumpukan karang gigi.

BACA: Kebiasaan Bangun Pagi Bagus untuk Kesehatan Mental, Apa Kata Psikolog?

Di samping itu, gigi yang sensitif terjadi akibat melakukan tindakan pemutihan gigi secara berlebihan sehingga enamel terpapar zat asam. Hal ini membuat mineral gigi lebih larut dan permukaan gigi menjadi keropos.

Ada jurusnya kok agar bisa menikmati minuman dingin tanpa rasa khawatir menimbulkan ngilu pada gigi. Simak caranya di bawah ini ya.

Sikat gigi dengan benar

Cobalah memilih sikat gigi yang berbulu lebih lembut dan tipis. Upayakan tidak terlalu menekan saat menggosok permukaan gigi. Lebih afdol lagi bila membiasakan diri menyikat gigi satu jam setelah mengkonsumsi makanan asam atau minuman soda.

BACA: Cek Nilai Gizi Jadi Wujud Nyata Bunda Sayang Kesehatan Buah Hati

Rutin kunjungi dokter gigi setiap enam bulan

Langkah ini diperlukan untuk membebaskan rongga mulut dari karang gigi. Karang gigi tidak hanya membuat masalah gigi saja tapi juga menimbulkan aroma tak sedap dari mulut.

Stop kebiasaan buruk yang berdampak pada gigi

Kebiasaan buruk yang berdampak pada gigi antara lain mengunyah es batu, membuka kemasan camilan atau minuman dengan gigi, atau menggigit-gigit benda keras.

Pilih pasta gigi sensitif

Bila dirasa perlu, tak ada salahnya menggosok gigi dengan pasta gigi sensitif. Pasta gigi ini sudah mengandung formula yang aman digunakan bagi pemilik gigi sensitif.

Langkah-langkah itu mudah dilakukan, bukan? Bila perlu, tularkan juga langkah-langkah tersebut ke buah hati agar kesehatan mulut dan giginya terjaga. Dengan terjaganya kesehatan gigi dan mulut, maka buah hati dan bunda dapat menikmati Pino Es Serut Buah yang kaya akan vitamin. Bunda dan buah hati bisa menikmati Pino Es Serut Buah yang seru serutnya segeerrrr esnya yang sudah dibekukan tanpa rasa was-was merasakan gigi ngilu.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel