Artikel

Cara Mudah dan Menyenangkan agar Si Kecil Doyan Makan Buah

Post pada 31 Aug 2022

Prihatin dong setelah tahu riset Kementerian Kesehatan tahun 2013 yang sebut 93 persen anak-anak kurang makan buah. Padahal, buah berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat dibutuhkan tubuh.

Selain bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak melawan penyakit, buah turut berperan dalam menekan risiko anak mengalami obesitas ke depannya. Sudah gitu, buah-buahan juga menjaga kesehatan pencernaan dan berat badan si kecil lebih ideal.

Sebenarnya sangat ironis dari data yang diungkapkan Kementerian Kesehatan itu. Padahal Indonesia itu kaya akan keanekaragaman buah yang memiliki rasa manis dan segar. Ini barang tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Tapi memang harus diakui, tak semua anak doyan makan buah. Di sinilah bunda memegang peranan penting. Bunda mesti punya jurus kreatif mengkampanyekan makan buah sebagai aktivitas rutin harian. Bahkan di Inggris saja ada kampanye ‘More Fruit Month’ yang berisi ajakan semua orang makan lebih banyak buah!

BACA: Cek Nilai Gizi Jadi Wujud Nyata Bunda Sayang Kesehatan Buah Hati

So, ayo bahas ramai-ramai ide-ide apa saja yang bisa bunda terapkan agar kampanye anak  makan buah lebih menyenangkan!

Campurkan dengan Pino Es Serut Buah

Pino Es Serut Buah adalah produk minuman buah yang sebaiknya dibekukan dulu sebelum dikonsumsi. Gunakan Pino Es Serut Buah sebagai campuran potong-potongan buah ke dalam wadah. Anak-anak akan menyukainya karena menawarkan rasa yang unik sekaligus makan buah lebih menyegarkan karena sensasi dingin.

Es batu smoothies

Bunda setuju kan smoothies adalah minuman yang bernutrisi! Tinggal haluskan buah yang dapat dicampur dengan Pino Es Serut Buah dan tempatkan dalam cetakan es. Kemudian bekukan di freezer. Boleh saja kok menambahkan topping macam kacang atau raspberry kering untuk menambah kaya rasa dan tampilan menarik.

BACA: Penting Nih, Alasan Kuat Hindari Minum Es Setelah Berolahraga

Sate buah

Kepikiran bikin sate buah? Nah, buah dapat juga diolah macam sate kambing atau ayam kok. Cukup potong-potong buah macam nanas, mangga, atau persik. Tusuk buah tadi seperti sate setelah dicampur dengan bawang merah, mentimun, ketumbar, dan beberapa helai daun mint. Kemudian panggang deh.

Diolah menjadi jelly

Anak akan semangat makan buah bila dibuat dalam bentuk jelly. Tinggal bunda kreasikan mau bikin jelly dari buah apa saja. Misalnya jelly stroberi, jeruk, atau mangga. Lebih maknyus lagi kalau jelly itu disajikan bersama salad buah. Klop deh!

Salad buah

Mungkin ini paling mudah! Cukup potong-potong beberapa jenis buah. Lalu tuangkan mayonaise. Biar makin kaya rasa tinggal tambahkan yogurt. Lebih enak lagi bila salad buah ini disajikan dingin agar lebih menyegarkan.

Oh iya, selain menuntut kreativitas bunda dalam menyajikan buah untuk si kecil, jangan lupa bunda juga mesti contoh kepadanya. Bunda wajib menunjukkan kalau juga hobi konsumsi buah. Setuju bunda!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

 


 

Bagikan Artikel