Artikel

Bunda, Pastikan Ngobrol Bareng Anak Tak Sekadar Bertukar Kalimat Ya!

Post pada 26 Sep 2022

Ngobrol bareng anak bukan sekadar bertukar kalimat, tapi bunda sebaiknya juga aktif. Aktif dalam melontarkan kalimat terbuka, memahami ekspresi wajah si upik, kenali perubahan sikap, sampai harus menjadi pendengar yang baik. Barulah di sini keintiman dengan anak akan mudah terjalin.

Tambahan lagi, hindari kesan ngobrol bareng anak sekadar ‘menggugurkan kewajiban’ sebagai orangtua. Sebaliknya, bunda mesti terus menerus memiliki semangat banyak ngobrol bareng anak. Dengan membangun percakapan yang sehat dengan si dia, proses mendidik dan mendampingi pendewasaan anak akan lebih mudah.

Hal inilah yang menjadi alasan kuat mengapa banyak ngobrol bareng anak itu penting. Bahkan tak jarang, kehangatan yang tercipta lewat ngobrol ini dapat berperan menopang kesuksesan anak kelak.

BACA: Yuk Mulai Bangun Tradisi Pillow Talk yang Konsisten Bareng Anak

Yuk dielaborasi alasan lain kenapa ngobrol banyak bareng anak itu penting dalam proses perkembangannya?

1. Dia merasa dihargai

Ketika banyak ngobrol, anak akan merasa ‘kehadiran’ orangtua begitu nyata. Bahkan dia akan merasakan orangtuanya selalu meluangkan waktu di sela-sela kesibukan harian. Selain itu, anak akan merasa lebih nyaman dan terbuka ketika pendapatnya didengarkan orangtua.

2. Bunda dapat info lebih update

Ngobrol adalah proses pertukaran informasi secara aktif. Artinya, bunda tidak akan terlewatkan informasi terbaru tentang buah hati. Ketika bunda telah membangun budaya sebagai pendengar aktif, maka anak tak segan-segan bercerita banyak hal tentang kesehariannya. Bahkan, anak tak akan sungkan juga minta pertimbangan pada bunda.

3. Jadi sahabat utama

Menjadi sahabat dengan anak mensyaratkan bonding yang kuat. Artinya, bunda tahu persis karakter anak luar dan dalam. Piawai menebak suasana hatinya, tahu siasat meredam emosi anak, sampai menjadi tempat terbaik untuk anak berkeluh kesah. Semua itu dapat tercipta lewat ngobrol banyak bareng anak.

Dengan menjadi sahabat, maka bunda akan lebih mudah menanamkan nilai-nilai pendidikan yang nantinya menjadi bekal buah hati.

BACA: Alasan Kuat Kenapa Anak Perlu Dilatih Jadi Pribadi yang Humoris

4. Mendukung prestasi anak

Ngobrol bareng anak juga berperan penting dalam raihan prestasi anak, baik di dalam maupun di luar sekolah. Anak senantiasa termotivasi dan bersemangat untuk memberikan yang terbaik kepada bunda. Dan yang terpenting, anak tidak merasa dalam situasi dituntut untuk meraih prestasi.

5. Menekan potensi konflik

Sederhana saja, konflik selalu bermula dari komunikasi yang macet antara bunda dan anak. kebanyakan potensi konflik ini terjadi ketika anak mulai berstatus ‘anak baru gede’ alias dalam masa remaja.

Lewat ngobrol yang intens dan sudah membudaya sejak kecil, maka potensi konflik ini dapat diminimalisir. Ngobrol dapat menjadi media komunikasi dari hati ke hati yang berujung pada saling memahami satu sama lain.

Dari beberapa poin itu, sudah terbayang betapa ngobrol bareng anak itu adalah bagian dari hak anak yang mesti dipenuhi bunda. Bila komunikasi yang hangat sudah terbangun sejak anak dalam usia dini, maka tak ada lagi rasa canggung atau ketidaknyamanan anak saat ngobrol.

Lagi pula, momen ngobrol itu akan menjadi kenangan tersendiri bagi anak. Terlebih bila saat ngobrol itu ditemani Pino Es Serut Buah. Dengan cita rasa aneka buah dan sensasi dingin menyegarkan, momen ngobrol ini akan terekam dalam memori anak selamanya.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

 


 

Bagikan Artikel