Artikel

Bunda, Pastikan Lindungi Anak Selama Pandemi dengan Masker yang Tepat    

Post pada 30 Nov 2021

Penggunaan masker menjadi hal penting semenjak pandemi Covid-19 merebak di dunia. Aktivitas di luar rumah dibatasi dan perlu perlindungan diri berupa masker. Penggunaan masker ini juga tidak memandang gender serta usia. Semua orang perlu melindungi dirinya sendiri dengan masker. Lalu bagaimana dengan anak-anak?
 
Pemakaian Masker untuk Anak
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak (Unicef) sudah mengeluarkan rekomendasi dalam hal pemakaian masker pada anak. Unicef mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan masker tidak perlu digunakan oleh siapapun yang tidak dapat melepas masker tersebut tanpa bantuan. Hal ini berarti di dalamnya termasuk balita, bayi serta orang yang sulit bernapas.
 
Dengan kata lain, anak di bawah usia 5 tahun pada dasarnya tidak perlu menggunakan masker. Meski memang banyak orang yang meragukan apakah aman jika anak tidak memakai masker namun perlu diperhatikan juga keselamatan anak. Perlu diingat anak belum bisa secara leluasa membuka dan melepas masker. Apalagi anak bisa jadi merasa risih kektika memakai masker.
 
Apalagi untuk bayi yang perlu asupan oksigen cukup serta asupan udara bagi bayi juga belum sebanyak orang dewasa. Maka dari itu, pemakaian masker dapat meningkatkan risiko bayi mati lemas. Untuk bayi memang sebaiknya orangtua tidak memakaikan masker meski berada di luar rumah. Lalu bagaimana dengan anak di atas usia 5 tahun?
 
Tentunya anak-anak di usia 6-11 tahun dianjurkan memakai masker dan perlu memperhatikan juga faktor risikonya. Misalnya jika dalam ruang publik maka sebaiknya memakai masker. Lalu pemantauan orangtua juga penting diperhatikan sebab pada usia ini bisa jadi anak sulit untuk merasa nyaman memakai masker.
 
Sementara untuk anak usia 12 tahun sebaiknya mengikuti anjuran protokol yang berlaku. Misalnya saat WHO mengeluarkan anjuran masker dua lapis pada saat penyebaran varian delta. Tentunya anak di atas usia 12 tahun sudah bisa mengikuti aturan tersebut karena sudah jauh lebih mengerti dan memahami.

Baca juga: Bersiap-siap Vaksin Covid-19 untuk Anak Indonesia
 
Panduan untuk Orangtua
 

Sebagai orangtua tentunya perlu mengawasi pemakaian masker pada anak. Misalnya saja memilihkan masker yang sesuai dengan ukuran anak. Jangan sampai anak merasa tidak nyaman menggunakan masker tersebut.
 
Selain itu, orangtua juga perlu mengajarkan anak mengenai protokol kesehatan lainnya seperti rutin cuci tangan hingga mengurangi mobilitas. Dengan demikian Si Kecil akan jauh lebih paham pentingnya menjaga protokol di luar rumah.
 
Peran orangtua untuk mengedukasi  protokol kesehatan yang ketat, juga perlu diimbangi dengan pemberian gizi yang baik bagi anak. Untuk itu, PT United Family Food (UNIFAM) juga turut serta memberikan produk makanan yang sehat bagi keluarga Indonesia.
 
Hal tersebut sejalan dengan misi UNIFAM yakni untuk membantu para Ibu untuk tidak hanya menjadi orang tua yang baik tapi juga teman yang akrab bagi anak-anak dan keluarganya dengan menawarkan produk-produk dan pelayanan yang menyenangkan, lebih bermanfaat dan baik untuk seluruh keluarga.
 
Produk-produk UNIFAM diantaranya Milkita Kental Manis. Meski masuk dalam kategori susu kental manis (SKM), namun Milkita kental manis jauh lebih sehat dibandingkan SKM lainnya. Mengapa? karena hanya Milkita kental manis yang terbuat dari susu segar, dengan kandungan susu tertinggi di antara seluruh SKM yang lai.
 
Ditambah lagi Milkita kental manis ini memiliki kandungan vitamin dan mineral, tinggi kalsium, dan tinggi fosfor. Maka mereka yang mengonsumsi Milkita susu kental manis ini mendapat banyak manfaat dari kebaikan susu sekaligus mendapat vitamin dan mineralnya.
 
Produk Pino Ice Cup juga mengandung banyak manfaat. Dibuat dengan gula asli. Sementara kompetitor Pino Ice Cup membuat produk sejenis dari 100 persen pemanis buatan. Bila mau dihitung secara cost, jelas penggunaan pemanis buatan jauh lebih murah (50 persen) dibanding dengan gula asli.
 
Selain itu masih ada mi Sehat Lemonilo. Lemonilo adalah mi yang diproduksi dari 100 persen bahan alami, sampai bumbu- bumbunya pun terbuat dari bahan alami. Mi-nya diproduksi tanpa oksidasi dan tanpa pengawet. Lemonilo adalah mi yang aman bila dikonsumsi setiap hari.
 
Baca juga: Tak Pernah Ada Kata Terlambat Bangun Bonding dengan Ajak Si Kecil Bermain  


 

Bagikan Artikel