Artikel

Bunda, Bantu Anak Terampil Isi Waktu Luang Yuk!

Post pada 12 Jul 2022

Pernahkan terpikir memerhatikan apa yang dilakukan anak dalam mengisi waktu luang? Sebelum menjawab, mari disepakati dulu makna dari waktu luang. Waktu luang sering didefinisikan sebagai waktu di antara aktivitas rutin harian.

Pola waktu luang anak sangat tergantung dari usia. Misalnya pra sekolah, maka waktu luangnya di antara jadual makan, mandi, dan tidur. Sedangkan usia sekolah, waktu luangnya di antara jam sekolah, makan, dan tidur siang.

Bunda sebaiknya mulai mempelajari pola waktu luang anak. Tujuannya agar membantu anak mengisi waktu luang dengan aktivitas yang penuh edukasi dan kreatif. Hal yang paling penting dari aspek ini adalah membangun kesadaran dalam diri anak betapa pentingnya memiliki keterampilan mengisi waktu luang.

BACA: Didik Rendah Hati Kunci Buah Hati Terhindar dari Ikut-ikutan Flexing

Dari sinilah, Bunda berperan mengenalkan keterampilan dalam mengisi waktu luang ke anak. Dengan begitu, dia dapat belajar sejak dini agar tidak menyia-nyiakan waktu berlalu begitu saja. Apa saja yang dapat dilakukan bunda agar anak terampil mengisi waktu luang?

1. Jadi rule model

Action, action, dan action. Ini yang perlu Bunda lakukan. Bila anak punya membaca, maka awali dengan mencontohkan dengan mengisi waktu luang dengan membaca.

2. Sediakan waktu yang cukup

Ketika bunda menuntut anak mengisi waktu luang tanpa handphone atau nonton televisi, maka ajaklah dia bermain. Ajaklah bereksplorasi di dalam atau di luar rumah dan beri kebebasan apa yang ingin dia lakukan. Contohnya, membuat minuman yang enak dengan bahan baku Pino Es Serut Buah, susu, dan yogurt.

BACA: Boleh Nggak Anakku Konsumsi Minuman Kemasan Dingin? Ini Jawaban Ahli Gizi

3. Konsisten

Mendidik anak memiliki keterampilan pasti memerlukan waktu. Jangan harap mendapatkan hasil dalam waktu singkat. maka itu, perlu konsistensi dari bunda agar anak memahami maksud dari keterampilan mengisi waktu luang.

4. Selalu memonitor

Jangan lupakan monitoring dan evaluasi. Tujuannya untuk memahami apakah anak menyukai pilihan aktivitas mengisi waktu luang. Perhatikan apakah anak memilih bermain dengan teman atau sibuk sendiri saat punya waktu luang.

Pendek kata, keterampilan mengisi waktu luang tidak datang dengan sendirinya. Ada peran orangtua, khususnya bunda, agar anak memiliki keterampilan mengisi waktu luang sejak dini. ketrampilan ini kelak akan bermanfaat pada anak sehingga dia akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

 


 

Bagikan Artikel