Artikel

Bulan Puasa Jadi Momen Paling Tepat Ciptakan Pola Makan Sehat  

Post pada 14 Apr 2021

Syukurlah, akhirnya berkesempatan memasuki Bulan Ramadhan. Ini adalah bulan yang paling dinantikan bagi umat muslim. Dan, kebetulannya lagi, bulan puasa menawarkan banyak keuntungan bagi kesehatan.
 
Satu keuntungan yang dimaksud adalah momen mengendalikan pola makan menjadi lebih sehat.  Mengatur menu makanan yang sehat dan seimbang untuk berbuka puasa adalah hal yang penting dilakukan. Sebab, setelah seharian berpuasa, tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup.
 
Pertama, Anda sebaiknya mulai mengatur pola makan saat waktu sahur. Meski sahur dilakukan di pagi-pagi buta, bukan berarti menyantap makanan asal jadi. Sebab, sahur ternyata jauh lebih penting ketimbang berbuka puasa. Tubuh harus dibekali nutrisi yang cukup hingga waktunya berbuka. 
 
Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan. Selanjutnya, pilihlah makanan sehat yang mudah dicerna dengan mudah saat sahur.
 
Sayuran dan buah-buahan juga tak kalah penting Anda konsumsi saat sahur. Keduanya mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mempertahankan stamina, seperti kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam berbagai metabolisme dalam tubuh.
 
Kemudian disarankan mengutamakan makanan dari berjenis karbohidrat kompleks. Misalnya nasi beras merah atau roti gandum. Perbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan berserat tinggi supaya terhindari dari konstipasi atau sembelit.
 
Baca juga: Kenalkan Anak untuk Konsumsi Buah Sejak Dini

Selanjutnya saat berbuka, dahulukan minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan memberikan pasokan cairan bagi tubuh yang telah berpuasa seharian.
 
Ingat, saat mendengar Azan, pastikan segera minum atau konsumsi makanan yang kaya cairan. Asupan tersebut harus rendah lemak dan harus mengandung cukup gula alami untuk menyediakan kebutuhan energi. Hindari asupan yang mengandung banyak gula tambahan.
 
Kebutuhan cairan bisa juga dipenuhi dengan jus buah antara jam berbuka puasa hingga sebelum tidur malam. Disarankan saat berbuka untuk menghindari makan yang terlalu berlebihan dan nikmatilah makanan secara perlahan. Dengan begitu akan terhindar dari gangguan pencernaan.
 
Tak ada salahnya berbuka dengan yang nikmat-nikmat sepanjang menyehatkan.  Anda juga bisa mencoba Pino Ice Cup sebagai cemilan saat berbuka. Minuman perisa dalam bentuk cup (Ice Cup) yang memiliki aneka ragam rasa buah, Anggur, Strawberry dan Jeruk.
 
Dibuat dengan paduan perisa buah-buahan yang memberikan kesegaran dan gula asli tanpa pemanis buatan. Tentunya Pino Ice Cup lebih enak bila sebelumnya sudah dibekukan terlebih dahulu dalam lemari pendingin dan dinikmati selagi dingin.
 
Momen buka puasa bersama keluarga dan teman jadi lebih nikmat dengan Pino Ice Cup yang dapat dibeli di toko dan minimarket terdekat.
 
Baca juga: Kurang Gizi pada Buah Hati Sama Saja Undang Lima Penyakit Ini
 
 


 

Bagikan Artikel