Article

Bukan Perkara Sulit Jadi Sahabat Sejati Anak Kok, Bun!

Post On 19 Jul 2022

Tiada ikatan yang lebih kuat antara bunda dan buah hati. Namun seiring waktu dan bertambahnya usia anak, kadang bunda merasa baper alias bawa perasaan lantaran frekuensi komunikasi dengan anak makin minim.

Banyak faktor pemicunya. Bisa karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain di luar atau bunda sendiri yang sibuk dengan aktivitas harian. Praktis, waktu bersua pun semakin sedikit dan menyempit.

Bila situasi ini dibiarkan saja, ada kekhawatiran anak makin jauh dari bunda. Padahal, bunda berperan penting menjadi sosok yang membentuk perilaku dan karakter buah hati. Syukurlah bila bunda menyadari pentingnya menjadi sahabat anak sampai kapanpun.

BACA: Bunda, Bantu Anak Terampil Isi Waktu Luang, Yuk!

Selayaknya sahabat, bunda akan menjadi orang terdekat sekaligus terpercaya bagi anak. Lagi pula bukan perkara sulit kok agar lebih dekat dengan buah hati. Bagaimanapun, bunda adalah sosok yang kali pertama selalu ada untuknya sejak bayi.

Langkah paling awal adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Berilah waktu seluas-luasnya saat anak butuh bercerita. Tambahan lagi, hindari untuk terburu-buru menghakimi anak ketika melakukan kesalahan. Menghakimi dia justru akan membuat renggang hubungan. Dia akan jera bercerita banyak lagi.

Di saat bersamaan, bunda juga menunjukkan sikap terbuka ke anak. Anak juga memerlukan cerita dari bundanya. Ada baiknya saat berbagi cerita, bunda mengedepankan sisi emosi melalui ekspresi wajah. Kapan memasang wajah serius, dan kapan memasang wajah ceria. Dengan begini, anak juga akan belajar berempati dengan membaca wajah lawan bicara.

Kemudian, menciptakan waktu berdua yang intim dengan anak. Banyak caranya. Sebut saja bermain bersama sambil mengisi waktu luang atau bisa juga menyaksikan film favorit anak di rumah. Beri kebebasan kepada anak apa yang ingin dilakukan. Langkah ini akan membuat anak merasa dihargai pendapat dan keinginannya.

Kegiatan bareng lain yang bisa diciptakan lain adalah membuatkan makanan atau minuman kesukaan anak bersama-sama. Sebut saja membuat minuman segar dengan bahan baku Pino Es Serut Buah.

Ajak anak untuk bereksperimen ingin diapakan Pino Es Serut Buah. Apakah dicampur potongan buah-buahan, susu, atau yoghurt. Buatlah suasana lebih seru dan menyenangkan. Lebih lengkap lagi kalau anak ikut terlibat dalam bersih-bersih peralatan seusai bereksperimen dengan Pino Es Serut Buah.

BACA: Boleh Nggak Anakku Minum Minuman Kemasan Dingin, Ini Kata Pakar Gizi

Terakhir, ajaklah anak berkunjung ke tempat favorit. Sebelumnya bisa tanyakan dulu apa rencana di akhir pekan. Tantang padanya apa yang ingin dilakukan di lokasi tersebut. Ini akan membuat anak bersemangat.

Satu hal lagi yang terpenting agar menjadi sahabat anak adalah memberi kepercayaan padanya. Tunjukkan bila bunda memercayai sehingga dia akan merasa lebih percaya diri dan belajar bertanggung jawab atas amanah tersebut. Lalu sekarang, apakah bunda sudah menjadi sahabat anak?

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  

 

 

Share This Article