Kata Pakar

Boleh Nggak Anakku Konsumsi Minuman Kemasan Dingin? Ini Jawaban Ahli Gizi

Post pada 05 Jul 2022

Anak kecil yang menyukai atau sering minum air dingin atau es adalah hal lumrah ya Bun.

Jadi Bunda tak perlu cemas saat tahu si kecil terbiasa menenggak minuman dingin. Ini bukan kebiasaan buruk kok! Toh, makanan dan minuman yang dingin akan berubah suhunya menyesuaikan dengan suhu dalam tubuh dalam waktu singkat begitu melewati kerongkongan kita.

Sebelum membahas konsumsi minuman kemasan dingin lebih lanjut, tidak lupa ya bun dengan kecukupan air per harinya, sesuai tabel Angka Kecukupan Gizi Tahun 2019, pada anak usia 6-11 bulan sebanyak 900 ml, 1-3 tahun sebanyak 1150 ml, 4-6 tahun sebanyak 1450 ml, dan 7-9 tahun sebanyak 1650 ml. Kecukupan air tersebut sudah termasuk air mineral, kandungan air pada buah atau makanan minuman lainnya.

"Sejatinya, anak yang sudah berusia lebih dari setahun boleh mengonsumsi minuman dingin. Bahkan untuk bayi di atas 6 bulan yang sudah dikenalkan makan atau minum selain ASI, jika sedang tumbuh gigi, dianjurkan pula menggigit atau mengunyah sesuatu yang dingin seperti buah untuk mengurangi nyerinya," kata Nuril Farah Dhiya, S.TR.GZ, ahli gizi yang bertugas di Puskesmas Jagakarsa, Jakarta.

Tentu saja dengan memperhatikan tekstur sesuai kemampuan daya cerna bayi. Namun, pada bayi 6-11 bulan Bunda masih perlu mempertimbangkan penting atau tidaknya memberikan minuman atau makanan dingin.

Bagaimana dengan minuman kemasan dingin? Sering kali ini menjadi dilema para orangtua, maklum anak-anak paling suka dengan minuman yang beraneka rasa. Nah tugas Ayah Bunda nih yang mesti cerdas memilihkan minuman kemasan sehat dan baik untuk anak.

BACA: Jurus Cerdas Pilihkan Produk Minuman Kemasan yang  Tepat untuk Anak

Tak perlu terlalu kaku ya Bun dalam memilihkan minuman kemasan dingin yang baik dikonsumsi untuk anak. Di pasaran cukup banyak produk minuman kemasan selain susu yang dapat dinikmati anak. Tetapi dengan catatan, sebisa mungkin tanpa pemanis buatan atau pewarna berbahaya.

Misalnya saja Pino Es Serut Buah. Produk besutan PT United Family Food ini aman dikonsumsi anak. Kok bisa aman sih Bun? Aman karena Pino Es Serut Buah terbuat dari gula asli dan memiliki aneka rasa buah-buahan yang menyegarkan dan dapat membangkitkan mood anak menjadi lebih baik. Tentunya anak sangat senang jika diberikan Es Pino Serut buah, bukan begitu Bun?

Bunda dapat pula berkreasi dengan Pino Es Serut Buah untuk dijadikan smoothie. Bunda bisa campurkan dengan susu atau yoghurt. Kemudian campuran ramuan Pino Es Serut Buah, susu, atau yoghurt itu dibekukan dalam freezer.

Selain menyegarkan, formula satu ini juga menyehatkan. Selain itu Es pino Serut Buah juga bisa dijadikan Menu Es campur atau es Teler untuk anak loh, mudah menyajikannya hanya dengan menambah potongan buah, jelly dan tambahkan susu. Wah sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dalam memenuhi vitamin dan probiotik.

Itu cara praktisnya. Dan untuk Bunda yang memiliki kesulitan menghadapi anak yang kurang menyukai minum air mineral, dapat pula membuat minuman dingin dalam botol bertutup rapat berupa infused water yaitu air mineral yang diberikan potongan potongan buah, minuman ini bisa dijadikan sebagai solusi masalah tersebut.

BACA: Pertimbangan Ahli Gizi Bila Bunda Berniat Sajikan Makanan Penutup untuk Si Kecil

Kombinasikan saja beberapa buah-buahan yang disukai anak-anak. Misalnya saja jeruk, apel, kiwi, atau pir. Perpaduan dari dua atau tiga jenis buah-buahan itu menghasilkan rasa yang unik dan enak.

"Supaya makin enak, simpan infused water itu di kulkas agar rasanya lebih menyegarkan, tidak disarankan menyimpan infused water lebih dari 24 jam ya, baiknya konsumsi setelah 2 jam disimpan dalam kulkas, karena semakin lama menyimpan maka kandungan gizi buah akan rusak dan dapat mengakibatkan masalah pencernaan," saran Nuril.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 



 

Bagikan Artikel