Article

Biar Si Kecil Nggak Bikin Isi Kulkas Kacau-balau, Siapkan  Zona Khusus Camilan

Post On 17 Jun 2022

Kulkas hukumnya harus menyala selama 24 jam. Tak ayal, piranti elektronik satu ini turut bertanggung jawab terhadap tingginya angka tagihan listrik tiap bulan. Maka itu, penting sekali mengorganisir isi kulkas karena terbukti menekan penggunaan daya listrik.

Selain itu, kulkas yang penuh dan sesak bakal menyulitkan bunda mencari barang yang dicari. Minus lainnya, isi kulkas yang acak-acakan turut menurunkan kualitas makanan lebih cepat. Yuk luangkan waktu beberes isi kulkas. Mulai darimana?

1. Kosongkan isi kulkas

Langkah awal, keluarkan semua isi kulkas. Mulai dari freezer, rak tengah, maupun rak di pintu. Sekalian bersihkan semua tatakan kulkas dengan cairan pembersih piring. Kulkas yang bersih akan lebih sedap dipandang.

2. Bikin zonasi

Biar lebih terorganisir dan teratur, cobalah membuatkan zonasi dengan menggunakan wadah tembus pandang di dalam kulkas. Misalnya saja zonasi sayur-sayuran dan buah-buahan. Kemudian zonasi daging, zonasi makanan kaleng, dan zonasi camilan.

BACA: Miliki Segudang Manfaat, Ini Trik Buah Hati Gemari Sayuran dan Buah

Sebaiknya zonasi diletakkan sesuai dengan prioritas kebutuhan. Sebut saja zonasi camilan yang sebaiknya diletakkan di rak pintu yang mudah terjangkau. Begitu pun dengan makanan yang cepat kadaluarsa. Sehingga bila membutuhkan tak perlu bongkar seisi kulkas.

Begitu pun dengan area freezer juga diberlakukan yang sama. Sebut saja menyimpan Pino Es Serut Buah di freezer ditempatkan dalam wadah khusus. Begitu cuaca terik, produk terbaru dari PT United Family Food ini dapat mudah diambil. Toh membekukan Pino Es Serut Buat juga tak terlalu lama.

Zonasi ini bertujuan agar terhindar dari kekacauan. Apalagi anak-anak yang ingin cepat-cepat menyantap camilan.

3. Kombinasikan ukuran wadah

Kulkas akan lebih terlihat rapi bila mengkombinasikan beberapa ukuran wadah. Atau bisa juga memaksimalkan wadah yang jarang terpakai sebagai tempat penyimpanan. Misalnya botol bekas sirup sebagai wadah susu, maupun tempat telur untuk menyimpan saus.

Pada intinya, penataan yang tepat akan membuat isi kulkas lebih terorganisir. Selain itu, bunda akan lebih mudah memantau isi kulkas. Tak akan ada lagi cerita merasa menyesal ada makanan yang kadaluarsa atau buah-buahan yang membusuk karena tersembunyi dari pandangan mata.

BACA: Latih Anak Belajar Bertanggung Jawab dengan Akui Ruang Privasinya

Keuntungan lainnya, kulkas tidak akan lagi jadi biang kerok tagihan listrik membengkak. Coba hitung, berapa duit yang bisa dihemat dari kulkas berkat kepiawaian bunda mengorganisirnya?

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

Share This Article