Artikel

Biar Anak Suka Baca, Yuk Ajak Anak Traveling ke Perpustakaan

Post pada 24 Nov 2022

Urusan minat baca anak-anak kita terbilang miris lho! Data United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan, persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak, hanya seorang yang suka membaca.

Ada banyak faktor yang membuat anak paling malas untuk membaca. Suka atau tidak suka, bisa jadi faktor itu ada pada orangtua. Bisa jadi orangtua kurang menyadari bila kebiasaan membaca itu sangat penting dipupuk sejak dini.

Rata-rata orangtua menilai masa kecil anak itu lebih banyak dihabiskan untuk bermain. selain itu, ada kemungkinan juga orangtua kurang mendorong anak-anak untuk membaca paling tidak satu bacaan dalam sehari.

Biar minat baca anak tinggi, tentu saja bunda punya andil besar. Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan untuk merangsang anak menyukai buku atau aktivitas membaca. Dari sekian banyak cara, bunda bisa mengajak anak untuk traveling ke perpustakaan

BACA: Melatih Anak Gemar Bersedekah Bagus untuk Bentuk Kepribadian

Mungkin sangat jarang memilih perpustakaan sebagai destinasi jalan-jalan. Padahal, perpustakaan saat ini tidak hanya berisikan deretan buku usang. Pemerintah sudah memaksimalkan fasilitas perpustakaan dengan konsep kekinian.

Misalnya saja Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan yang gedungnya menjulang tinggi. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana yang nyaman dan koleksi buku-bukunya terbilang komplet.

Selain koleksi buku, Perpustakaan Nasional juga punya koleksi audiovisual, foto, peta, dan lukisan yang dapat dinikmati. Bahkan tak jarang ada pameran berkala yang dihelat di sana.

Di lantai teratas atau lantai 24 terdapat Exekutive Lounge yang menjadi tempat yang paling tepat untuk menyaksikan panorama areal Monas. Sedangkan untuk arena anak-anak ada di lantai tujuh atau tepatnya disebut Ruang Layanan Anak. Di sini terdapat banyak koleksi buku anak dengan ruang baca yang nyaman.

BACA: Yuk, Kenalan dengan Ahli Gizi dan Perannya dalam Menangani Masalah Gizi

Bunda dapat meminta bantuan petugas mencari buku yang tepat untuk buah hati. Atau bisa juga bunda menjadi tour guide anak mendapatkan jenis buku-buku yang disukainya. Kemudian jangan biarkan anak membaca sendiri, bunda sebaiknya tetap mendampingi.

Lalu isi waktu bersama anak di perpustakaan dengan memberi tantangan anak menceritakan kembali buku yang sudah dibacanya. Aktivitas ini dapat mendorong anak untuk mencerna isi bacaan dengan seksama.

Mengajak buah hati jalan-jalan ke perpustakaan nasional juga akan menambah wawasannya. Dia akan terbangun persepsi di mana perpustakaan juga menjadi lokasi untuk menghabiskan waktu dengan cara yang menyenangkan.

Biar kegiatan traveling ini makin seru, tak ada salahnya bunda membekali dengan camilan semacam Pino Es Serut Buah yang ditempatkan dalam wadah khusus. Kenapa? Ya karena kenikmatan Pino Es Serut Buah dikonsumsi saat dalam kondisi beku. Jadi bakal menyegarkan sekaligus kandungan nutrisinya kaya akan vitamin.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.


 

Bagikan Artikel