Artikel

Bersiap-siap Vaksin Covid-19 untuk Anak Indonesia

Post pada 23 Nov 2021

Virus Covid-19 menyerang tanpa pandang bulu. Khusus anak-anak, pastinya membutuhkan perlindungan vaksin. Sayangnya, vaksin yang tersedia di Indonesia baru untuk anak usia 11 tahun ke atas.
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun itu bisa dilaksanakan pada awal 2022.
 
Pemerintah menyiapkan tiga jenis vaksin yang akan digunakan dalam vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 5-11 tahun. Tiga jenis vaksin itu adalah Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer.

Baca juga: Deretan Nilai Pembelajaran dari Pendiri UNIFAM  

Mengapa anak perlu divaksin?
 
Menurut Dominicus Husada, Dokter Anak; Kepala Divisi Penyakit Infeksi dan Tropik Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unair/RSUD Dr Soetomo yang dikutip dari kompas.id, ada beberapa alasan mengapa kita perlu juga memvaksin anak untuk menanggulangi pandemi Covid-19.
 
Pertama, anak yang terkena Covid-19, sekalipun dalam persentase relatif kecil, secara absolut tak dapat dianggap remeh.
 
Kedua, di beberapa negara, seperti AS, India, dan Indonesia, persentase penderita anak lebih dari 12 persen. Jumlah tersebut sangat besar.
 
Ketiga, temuan berbagai penelitian di beberapa negara mendapatkan jumlah anak yang terinfeksi mungkin jauh lebih besar dibandingkan yang dinyatakan saat ini.
 
Kelima, anak tak sesempurna orang dewasa dalam memahami dinamika transmisi virus serta upaya yang harus dilakukan untuk pencegahan. Pemahaman mereka akan protokol kesehatan dengan segala perniknya pasti berbeda
 
Untuk itu perlu peran orang tua menjaga kesehatan anak sejak dini. Salah satunya dengan memberikan makanan bernutrisi sejak dini. PT United Family Food (UNIFAM) juga telah menyediakan beragam produk makanan dan minuman yang sehat untuk keluarga Indonesia.
 
Sebut saja permen Milkita, sebuah permen yang diciptakan berbahan dasar susu. Adapun susu memiliki kandungan gizi baik bagi anak-anak.
 
Produk sehat selanjutnya adalah Milkita kental manis. Meski masuk dalam kategori susu kental manis (SKM), namun Milkita kental manis jauh lebih sehat dibandingkan SKM lainnya.
 
Mengapa? Karena Milkita kental manis tidak hanya terbuat dengan susu segar. Namun ditambah lagi Milkita kental manis ini memiliki kandungan vitamin dan mineral, tinggi kalsium, dan tinggi fosfor.
 
Maka mereka yang mengkonsumsi susu kental manis Milkita ini mendapat banyak manfaat baik susunya, sekaligus mendapat vitamin dan mineralnya.
 
Catatan saja, UNIFAM sebagai perusahaan makanan dan minuman terkemuka di Indonesia sebelumnya juga ikut berkontribusi dalam mendukung herd immunity yang dicanangkan pemerintah.
 
UNIFAM telah menginisiasi kegiatan “Vaksin Ceria” bersama dengan Polres Metro Jakarta Barat. Kegiatan vaksinasi ini dikhususkan untuk anak usia 12-17 tahun dan dilaksanakan pada tanggal 17-23 Juli 2021 di SMAN 2 Jakarta & SMAN 33 Jakarta.
 
Baca juga: Ini Keuntungan Mengikuti Program Management Trainee  

Bagikan Artikel