Artikel

Bersepeda Punya Segudang Manfaat untuk si Kecil, Ayo Dampingi Bunda!

Post pada 18 Nov 2022

Bisa jadi, bersepeda jadi aktivitas yang paling digemari anak-anak. Sering kali, mereka berimajinasi seolah-olah sedang balapan, naik motor, atau menjadi superhero Satria Baja Hitam yang naik Belalang Tempur!

Bunda tentu juga senang melihat si kecil sudah jago naik sepeda. Senyum sumringah pasti tergambar di wajahnya. Di saat bersamaan, bersepeda tidak hanya bagus untuk kesehatan saja tapi juga bikin anak bahagia.

Jangan lupa pula, bersepeda menjadi cara terbaik bagi bunda memastikan si kecil bergerak aktif secara fisik. Tinggal pastikan keamanannya. Misalnya bersepeda yang jauh dari keramaian, menggunakan alat pelindung, dan selalu dalam pengawasan.

BACA: Kenali Sikap Reaktif versus Proaktif saat Hadapi Kesalahan Anak

Biar makin semangat, ketahui bersama yuk manfaat sepeda bagi si kecil.

1. Melatih konsentrasi

Mengendarai sepeda akan merangsang konsentrasi anak. Ketika tahap belajar, anak akan berkonsentrasi menjaga keseimbangan. Kemudian ketika sudah lancar, dia akan fokus menghindari rintangan di jalan. Ketika anak berkonsentrasi saat bersepeda, secara langsung panca inderanya juga aktif.

2. Mengasah keterampilan motorik

Keterampilan motorik si kecil akan terasah saat bersepeda. Dia harus meningkatkan kemampuan visual, harmonisasi anggota tubuh, dan lain-lain. Semua akan aktif bergerak saat anak duduk di sadel sepeda sambil mengayuh pedal.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Bersepeda sama saja tubuh anak aktif bergerak. Pernafasan, jantung, dan tubuh yang bergerak pasti akan meningkatkan sistem imunitas tubuhnya. Artinya, anak tidak akan gampang sakit karena organ dan anggota tubuhnya dalam kondisi prima.

4. Tulang dan sendi makin kuat

Bersepeda sama saja dengan berolahraga di mana mengayuh pedal melibatkan anggota tubuh bagian bawah seperti kaki. Ini akan membantu pertumbuhan tulang dan sendi makin optimal.

5. Redakan stres

Studi Frontiers in Neuroscience mengungkapkan bersepeda terbukti memproduksi banyak hormon dopamin yang meningkatkan rasa bahagia. Ini terbukti di mana anak-anak akan selalu ceria saat bersepeda. Senyum dan tawa selalu menghias wajahnya saat bersepeda sehingga anak akan jauh dari suasana sedih dan stres.

BACA: Susu Bagus untuk Buah Hati, tapi Tetap Ada Batasannya Ya

6. Turunkan berat badan

Bersepeda juga terbukti mencegah anak mengalami obesitas. Alasannya, bersepeda meningkatkan metabolisme, menguatkan otot, sekaligus membakar lemak tubuh. Bila anak mengalami tanda-tanda obesitas, bersepeda dapat menjadi solusi dan perlu didukung dengan pola makan sehat plus seimbang.

7. Kepercayaan diri meningkat

Ketika sudah mahir bersepeda, anak akan tertantang untuk berkeliling sekitar lingkungan rumah. Ini akan melatih kepercayaan diri anak untuk bertemu orang, memahami rute perjalanan, dan mandiri ketika keluar rumah. Secara tak langsung, rasa percaya diri anak meningkat.

8. Melatih keseimbangan

Bersepeda jadi cara paling manjur melatih keseimbangan anak. Ketika bersepeda, tubuhnya akan merespons banyak hal. Mulai dari koordinasi gerak antar anggota tubuh, memutuskan arah laju sepeda, dan lain-lain. Saat mengayuh, tubuh anak akan menyesuaikan diri agar tidak terjatuh.

Sudah kebayang bukan begitu banyak benefit dari bersepeda. Selain bikin anak hepi, bersepeda juga bagus untuk pertumbuhan fisiknya. Tak perlu menargetkan jarak tempuh, cukup pastikan saja bunda selalu konsisten meluangkan waktu mendampinginya bersepeda.

Ketika anak lelah bersepeda, bunda dapat menyiapkan Pino Es Serut Buah yang disajikan dalam kondisi dingin. Rasa haus dan lelah si kecil akan seketika lenyap. Lagi pula, menawarkan Pino Es Serut Buah dapat menjadi motivasi tersendiri untuk anak lebih giat bersepeda.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 


 

Bagikan Artikel