Artikel

Berapa Lama Sih Ideal Bermain untuk Anak? Ini Jawabannya

Post pada 19 Jan 2023

Anak-anak adalah dunianya bermain. Artinya, anak-anak tak bisa lepas dari aktivitas main. Meski setuju dengan pernyataan itu, tetap saja bukan berarti anak-anak terus-terusan bermain seharian penuh.

Ternyata ada anjuran durasi bermain yang ideal bagi anak. Durasi bermain ini ditetapkan berdasarkan usia. Acuan durasi yang biasa dijadikan rujukan banyak kalangan bersumber dari National Association for Sport and Physical Education (NASPE ) yang merupakan organisasi internasional yang fokus pada kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas fisik.

Lembaga itu menganjurkan durasi bermain berdasarkan usia anak, mulai dari bayi, balita, dan pra sekolah. Ini beralasan karena kebutuhan bermain berbeda-beda tergantung pada usia si kecil.

Sebut saja bayi yang ternyata tidak ada batasan waktu bermain. Justru di usia yang masih sangat belia itu, bayi didorong untuk terus bergerak agar kemampuan motoriknya berkembang. Tentu saja, dorongan bergerak ini dengan mengajaknya bermain.

BACA: Tidak Ada yang Salah Kok Anak Punya Sifat Pemalu

Beda lagi dengan balita yang disarankan durasi bermain idealnya selama 90 menit. Oh ya, aktivitas bermain balita wajib ditemani bunda. Di 30 menit pertama, bunda dapat merangsang balita bermain dengan mengawali dengan permainan bola mobil-mobilan, dan sejenisnya. Kemudian sisanya biarkan balita bermain sesuka hati.

Wajar durasi bermain bayi dan balita terbatas karena waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk tidur.

Lain halnya anak pra sekolah alias belum bersekolah. Durasi bermain yang ideal disarankan selama dua jam. Bunda bisa mengajak si kecil bermain bola, lompat tali, atau permainan yang melibatkan aktivitas fisik. Setelah itu, biarkan dia bermain apa yang diinginkan maupun bermain bersama teman-teman.

Sedangkan bagi anak usia sekolah, waktu bermain terbagi di sekolah dan di rumah. Toh, di sekolah ada waktu istirahat dan pulang sekolah yang biasanya menjadi momen si dia bermain bersama teman-teman. Ketika tiba di rumah, bunda boleh saja membiarkan dia bermain sepanjang tidak mengganggu rutinitas harian seperti makan, tidur, mengerjakan PR, dan mandi.  

BACA: Ketahui Benefit Terapkan Mindful Eating pada Buah Hati

Mungkin si kecil tidak merasakan lelah saat bermain karena aktivitas itu sangat menyenangkan. Biar makin menyenangkan, bunda bisa menyajikan Pino Es Serut Buah. Rasanya yang menyegarkan dan lebih afdol disajikan setelah dibekukan di kulkas, pasti disukai anak-anak. Apalagi Pino Es Serut Buah juga bisa jadi mainan anak karena ada proses menyerut yang bikin seru.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 


 

Bagikan Artikel