Article

Benefit Mudik Tak Sekadar Merawat Kenangan Masa Kecil, Apa yang Lain?

Post On 28 Apr 2022

Musim mudik sudah di depan mata. Rasanya ingin buru-buru tiba di kampung halaman. Bukan sekadar melepas rindu, tapi mudik juga menjadi sarana mengenalkan buah hati dengan keluarga besar.

Maka itu, makna mudik bukan sesempit yang dibayangkan. Hanya sekadar silaturahmi di momen lebaran. Ternyata, mudik dapat menjadi media membentuk karakter anak. Mau tahu apa saja?

1. Kenalkan budaya mudik dan tradisi di kampung halaman

Anak perlu menambah wawasan tentang budaya mudik dan tradisi yang lazim dipraktikkan di kampung halaman. Mereka akan belajar banyak hal yang baru, mulai dari mengenal kerabat baru, tempat baru, sampai teman baru.

Kemudian yang lazim dilakukan saat mudik adalah berziarah ke makam leluhur. Anak dapat lebih mengenal asal usulnya sehingga dapat mengenal lebih dekat sejarah keluarganya.

BACA: Pilihan Oleh-oleh untuk Mudik Lebaran Bisa Wakili Citra Personal Kita Lho!

2. Merawat kenangan

Satu hal yang selalu hadir saat mudik adalah teringat dengan kenangan masa kecil alias saatnya bernostalgia. Kenapa tidak ceritakan kepada buah hati soal ini sambil mengajak keliling kampung. Misalnya saja spot-spot yang pernah menjadi tempat favorit bermain semasa kecil.

Atau bisa juga berbagi cerita kenangan permen favorit seperti Jagoan Neon. Permen sejenis loli yang ada gagangnya ini seolah lekat dengan masa tumbuh kembang. Kemasan yang menarik dengan permen berbentuk bola seperti kelereng ini hadir dalam sejumlah warna, kuning merah, ungu, dan hijau.

Panganan ini jadi pilihan karena Jagoan Neon adalah permen yang unik. Unik karena dapat memberikan perubahan warna pada lidah. Tenang saja, Jagoan Neon aman dikonsumsi anak karena terbuat dari bahan perwarna food grade.

Ceritakan juga ke buah hati kalau permen ini menjadi idola karena menghadirkan karakter Kojak, Punk, dan Flash dalam kemasan. Belum lagi warna dan rasanya mengekspresikan keberanian dan jiwa petulangan.

Berbagi nostalgia dapat menjadi cara membangun bonding yang lebih kuat dengan buah hati.

BACA: Agar Mudik Bersama Anak Lebih Menyenangkan Tanpa Kerepotan

3. Belajar beradaptasi dan hidup sederhana

Dalam hitungan hari, anak dapat belajar langsung hidup sederhana dan simpel. Maklum, fasilitas di kampung halaman pasti tidak selengkap di kota. Bisa jadi listrik pun juga terbatas.

Keterbatasan fasilitas itu akan membangun kesadaran pada anak untuk mudah beradaptasi dan hidup dengan sederhana. Mungkin tidak bisa mengisi waktu dengan jalan-jalan ke mal saat di kampung halaman, kenapa tidak memilih cara menjelajah alam saja. Pasti bakal lebih seru.

Pendek kata, mudik akan selalu membawa cerita baru dan kenangan baru. Di saat bersamaan, mudik juga akan memperluas wawasan anak betapa begitu banyak cerita yang nantinya dibagikan ke teman-teman sekolah.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

Share This Article