Artikel

Banyak Cara Menciptakan Bonding Berkualitas dengan Anak. Bagaimana, ya?

Post pada 05 Nov 2020

Dalam kegiatan pengasuhan, bonding antara orang tua dan anak merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Bonding atau kerekatan (attachment) adalah ikatan yang kuat antara ibu dan anak sehingga menimbulkan rasa kasih sayang, aman, dan bahagia.

Bonding ini penting, karena menjadi salah satu faktor penentu perkembangan sosial dan kepribadian anak, di samping menentukan bagaimana pola asuh anak kelak ketika menjadi orang tua.

Mendukung pentingnya bonding dan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak, Moms Circle (komunitas ibu yang diinisiasi Ayahbunda dan Parenting Indonesia) bersama Milkita menggelar acara “The Ultimate Bonding Experience with Your Kid” dengan tema, Masak dengan Cinta Milkita, Sabtu, 22 Februari 2020 lalu di Lewis & Carroll, Jakarta Selatan. Sebanyak 25 pasang ibu dan anak hadir menjadi peserta.

Masak dengan Cinta Milkita sengaja digelar di bulan penuh cinta, untuk memanjakan ibu dan si kecil berbagi kasih sayang dengan berbagai kegiatan seru. Acara ini mengajak ibu dan si kecil menghias cupcakes bersama. Kegiatan menghias cupcakes ini terlihat sederhana, tapi sebenarnya dapat menjadi contoh untuk mempererat bonding dengan anak. Di sini ada aspek kerja sama, kreativitas, melatih kekompakan, serta interaksi yang intens antara ibu dan anak.

Cupcakes yang dibuat oleh tim Dapur Uji Femina Media ini menggunakan Milkita Kental Manis. Sebagai hiasan cupcakes, para peserta juga disediakan buah segar, beragam sprinkles, serta permen dan Milkita Lollipop. Jadi, si kecil dapat berkarya sekreatif mungkin deh!

Seperti dijelaskan Senior Brand Manager Milkita, Agustine Notosugondo, “Milkita Lollipop dibuat dari susu sapi segar berkalsium tinggi. Tiga lollipop atau 7 butir permen Milkita memiliki kalori yang sama dengan segelas susu,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Selain menghias cupcakes, para ibu juga mendengar sharing dari psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi. tentang pentingnya bonding untuk anak. Menurut Vera, saat membangun kedekatan emosi dengan anak, bukan hanya kualitas yang penting, tapi juga kuantitas. "Anak-anak masih butuh frekuensi yang teratur dan kedekatan fisik," ujar Vera. 

Vera juga menjelaskan 4 aspek yang memengaruhi kerekatan orang tua dan anak, di antaranya:

  • kepekaan orang tua terhadap kebutuhan anak sesuai usia.
  • respons orang tua terhadap kebutuhan anak.
  • kualitas dan kuantitas.
  • melibatkan anak dalam aktivitas interaktif, misalnya memasak bersama anak.

 

ALIKA RUKHAN

Bagikan Artikel