Article

Apakah Bunda sudah Siap Bahas Seputar Seks dengan Anak?

Post On 17 Jun 2022

Bicara seks pada anak memang gampang-gampang susah. Belum lagi sebagian orantua menganggap sebagai hal yang tabu. Padahal, topik seputar seks itu terbilang luas. Mulai dari seputar menjaga kesehatan alat reproduksi sampai menjaga norma dan kesantunan.

Lebih baik ketahui dulu benefit dari mendiskusikan topik seputar seks ke anak sebagai langkah awal. Apa saja itu?

BACA: Latih Anak Belajar Bertanggung Jawab dengan Akui Ruang Privasinya

1. Bangun kepercayaan

Poin pertama adalah membangun kepercayaan. Sifat terbuka orangtua akan mendorong anak juga lebih terbuka. Terlebih lagi, anak akan lebih memercayai informasi dari orangtua ketimbang sumber lain yang kurang tepat.

2. Tangkal efek negatif lingkungan

Potensi anak terpapar dampak negatif dari konten tertentu di internet atau tayangan di televisi sangat terbuka lebar. Alhasil, memberi informasi seks ke anak sejak dini sama saja membentengi dia dari pengaruh buruk di sekitar.

3. Pahami perubahan tubuh sendiri

Anak mulai memahami perubahan tubuh seiring bertambahnya usia. Di saat bersamaan, anak juga mulai menyadari pentingnya melindungi dan menghargai tubuhnya.

Dengan begitu, membahas topik seks dengan anak justru membekali pengetahuan dasar seputar hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi sampai bagaimana konskuensi norma yang mesti dipatuhi.

Kedepankan pemahaman membicarakan seks adalah bagian dari tanggung jawab sekaligus bentuk perlindungan bunda terhadap si kecil. Pendidikan seks juga berhubungan dengan pelajaran penting terhadap keputusan, sikap, dan tanggung jawab anak terhadap tubuhnya sendiri.

Pertanyaan berikutnya, kapan waktu yang tepat membahas topik seks dengan anak? Banyak ahli yang menyarankan agar pendidikan seks dimulai sejak anak berusia empat atau lima tahun. Di usia ini, anak mulai memperhatikan sekeliling dan sudah mengenali tubuhnya sendiri. Bahkan, dia kadang membandingan dengan teman sebaya.

Bisa jadi dia mulai menyadari perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Di sinilah, bunda dapat mulai masuk membicarakan seputar seks. Sebaiknya, pendidikan seks diberikan secara bertahap sejalan dengan penambahan usia si kecil.

Poin lain yang tak kalah penting adalah cara mendiskusikan seks dengan anak. Alangkah baiknya menggunakan media buku atau tayangan khusus yang membahas soal seks. Langkah ini diperlukan bila bunda kebingungan bila si anak membombardir dengan pertanyaan-pertanyaan spesifik.

BACA: Miliki Segudang Manfaat, Ini Trik Buah Hati Gemari Sayuran dan Buah

Agar lebih menyenangkan dan jauh dari kesan serius, tak ada salahnya interaksi dengan anak seputar seks dibekali dengan Pino Es Serut Buah yang terlebih dulu dibekukan di freezer. Rasa buah yang segar dapat berperan memancing ide-ide buat bunda dalam memberi pemahaman seputar seks.

Kalau pun masih bingung, boleh saja melipir ke dokter atau psikologi anak. Melibatkan ahli bisa menjadi solusi untuk mendapatkan penjelasan maupun cara yang tepat agar anak memahami topik seks sesuai dengan tingkat usianya.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM. 

 

 

 

Share This Article