Article

Aktivitas yang Bikin Anak Makin Mahir Berbahasa Lisan

Post On 17 Nov 2022

Bermain adalah cara anak belajar banyak hal. Termasuk di sini mengembangkan kemampuan berbahasa lisan. Pelan tapi pasti, anak-anak akan banyak menyerap kata-kata baru setiap harinya ketika bermain.

BACA: Deretan Alasan Kuat Kenapa Bunda Perlu Temui Psikolog Anak

Tinggal bunda yang perlu mengarahkan agar permainan yang dapat memancing anak mengembangkan kemampuan bahasa lisan dapat menarik minatnya. Kira-kira permainan macam apa yang relevan agar anak berlatih mengembangkan bahasanya?

Ayo bunda, kita bahas bareng-bareng di bawah ini.

1. Menyanyi

Bermain musik dan menyanyi jadi kegiatan yang paling menyenangkan untuk anak. Selain membantu perkembangan panca indara melalui pengenalan bunyi dan suara, lirik dalam nyanyian juga menarik minat anak belajar aksara dan kata-kata baru.

Irama yang cerita dalam sebuah nyanyian juga dapat menjadi media memperkaya wawasan anak. Ketika anak sudah dikenalkan dengan irama musik dan lagu, secara langsung akan membantu bunda mendeteksi minat dan bakatnya sejak dini.

Lebih asyik lagi bila aktivitas berdendang ini dilakukan bersama-sama dengan bunda. Sambil bernyanyi, bunda dapat menjelaskan makna kata-kata dalam lirik lagu tersebut.

2. Baca bersama

Mendongeng atau pun membaca bareng anak juga masuk kategori permainan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak. Bunda dapat memberi penekanan pada kata-kata baru yang didengar si kecil.

Di saat bersamaan, bunda dapat pula mengajak si kecil menceritakan kembali bacaan tersebut. Aktivitas ini akan merangsang anak untuk mengulang lagi kata-kata yang pernah didengar sebelumnya.

3. Bermain drama

Anak biasanya sangat suka bermain peran-peranan. Kadang hari ini ingin bermain dokter, besok jadi insinyur, dan lusa menjadi seorang pilot. Kegemaran anak bermain peran ini dapat bunda kemas lagi dalam bentuk drama sederhana.

BACA: Susu Bagus untuk Buah Hati, tapi Tetap Ada Batasannya Ya

Bunda dapat ikut ambil bagian dalam cerita yang dikehendaki anak atau sebaliknya bunda yang mengusulkan jalan ceritanya. Di sela-sela permainan, jangan lupa ingatkan anak untuk menambah wawasan lagi lewat membaca buku atau tontonan edukatif lain agar permainan drama makin menyenangkan.

4. Bermain dengan koleksi mainannya

Tentu anak-anak selalu punya mainan favoritnya. Entah mobil-mobilan, boneka, atau permainan kecerdasan lainnya seperti monopoli atau ular tangga. Bunda dapat memanfaatkan koleksi mainan si kecil untuk mengembangkan kemampuan bahasanya.

Ajaklah berkomunikasi untuk menerangkan apa yang sedang dimainkan si kecil. Misalnya jenis mobil-mobilan, perintah dalam permainan monopoli dan sebagainya.

Atau bisa pula bunda meminta anak untuk mengumpulkan mainan sesuai dengan urutan abjad. Misalnya mengumpulkan mainan dengan awalan huruf A, B, C dan sejenisnya.

Nah itulah ide-ide permainan yang dapat merangsang anak mengembangkan kemampuan berbahasanya. Selain membantu kemampuan kognitifnya, kebersamaan dalam satu waktu dengan anak juga menjadi cara menguatkan ikatan dengannya. Apalagi saat bermain ini bunda menyuguhkan camilan seperti Pino Es Serut Buah yang rasanya menyegarkan. Atau opsi lainnya memberinya Permen Susu Milkita yang kaya akan vitamin. Makin seru bukan!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.  

 

Share This Article