Artikel

5 Minuman yang Segarkan Dahaga Selama Puasa Seharian

Post pada 28 Apr 2021

Minuman segar menjadi favorit sebagian orang untuk membatalkan puasa. Apalagi banyak ragam minuman segar yang gampang diperoleh. Mulai dari es kelapa muda, es buah dan lain-lain.
 
Namun, jika bosan beberapa minuman segar tersebut, Anda bisa mencoba minuman es yang lainnya karena ada banyak pilihan es segar yang nikmat sekali disantap saat buka puasa. Berikut pilihannya:
 
1. Es Cincau
 
Salah satu minuman khas bulan Ramadhan yang enak dan menyegarkan tubuh adalah es cincau. Biasanya, es cincau terbuat dari campuran cincau yang berbentuk jelly dan ditambahkan dengan aneka buah-buahan. Rasanya yang manis dan segar, mampu menghilangkan rasa dahaga setelah berpuasa seharian.
 
2. Es Kolang Kaling
 
Es Kolang-Kaling sering jadi pilihan untuk berbuka. Kolang-kaling sendiri adalah biji dari buah aren.Untuk mengeluarkan kolang-kaling, buah aren yang sudah dipanen direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan getahnya.Setelah direbus, buah aren dikupas lalu diambil bijinya yang berupa kolang-kaling. Anda bisa dengan mudah membeli kolang-kaling siap olah di pasar-pasar tradisional maupun supermarket.
 
Kolang-kaling bertekstur kenyal dan kaya akan nutrisi karena memiliki kadar air yang sangat tinggi. Kolang-kaling juga mengandung protein, karbohidrat, kalsium, antioksidan dan banyak lainnya. Untuk itu jangan ragu-ragu lagi mengonsumsi kolang-kaling ya! Anda bisa mengolah kolang-kaling menjadi berbagai macam hidangan.
 
Baca juga: Bulan Puasa Jadi Momen Paling Tepat Ciptakan Pola Makan Sehat  

3. Es Campur
 
Buka puasa terasa kurang lengkap tanpa menu es campur yang manis menyegarkan.  Rasanya yang manis dan menyegarkan dirasa bisa menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.
 
Apalagi isinya komplit dengan aneka buah-buahan, kacangan, cincau, nata de coco hingga cendol.  Namun bila tak ada nata de coco Jelly bisa dijadikan alternatif untuk membuat es campur.
 
Anda bisa menggantinya dengan PINO Jelly yang dipotong-potong dadu dan dicampur dengan syrup dan es. Produk baru dari Unifam ini dapat dijadikan alternatif dessert saat berbuka yang selain menyegarkan namun juga mengandung konnyaku sehingga tinggi serat dan membantu memperlancar pencernaan.
 
PINO Jelly tersedia dalam aroma dan rasa buah-buahan segar yakni Mangga dan Nanas dengan ukuran cup 90 gram. Untuk kemudahan konsumen mendapatkan PINO Jelly, Unifam telah menghadirkannya di toko-toko terdekat dan secara online di marketplace official store Unifam yaitu Tokopedia dan Shopee. 
 
4. Es Doger
 
Es Doger terbuat dari es puter yang diberi aneka topping. Mulai dari potongan buah alpukat, tape ketan, potongan roti tawar, hingga ketan hitam. Biasanya Es Doger disajikan dalam gelas yang disiram dengan kuah gula jawa cair dan aneka sirup.
 
5. Es Pisang Hijau
 
Meskipun namanya Es Pisang Ijo, namun tidak benar-benar menggunakan buah pisang lengkap dengan kulitnya yang hijau.Es Pisang Ijo biasanya dibuat dari buah pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu yang berwarna hijau dari perasan daun pandan.
 
Biasanya Es Pisang Ijo disajikan lengkap dengan tambahan bubur sumsum, serutan es batu, lalu disiram dengan sirup dan dicampur Milkita Kental Manis yang tidak hanya nikmat, namun juga kaya nutrisi.

Baca juga: 5 Camilan Lezat Penggugah Selera Usai Seharian Berpuasa, Apa Saja?

 


 

Bagikan Artikel