Artikel

  Lima Ide Aktivitas Seru untuk Anak Selama Bulan Puasa  

Post pada 21 Apr 2021

Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat muslim. Banyak aktivitas di bulan ini yang tidak dilakukan di bulan lainnya. So, pas  banget jika orang tua juga ikut membuat momen-momen seru bersama anak.
 
Bukan cuma asyik, kegiatan bersama di bulan ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak. Berikut lima ragam aktivitas seru selama bulan Ramadhan
 
1. Masak bersama
 
Anak-anak merasa dihargai jika dimintai pendapat. Nah, ajaklah mereka berdiskusi untuk merancang menu makanan. Buat daftar menu makanan yang menjadi wishlist mereka dan atur itu sebagai menu berbuka puasa sejauh masih memungkinkan.
 
Jika ingin menjadikannya aktivitas lebih seru, buatlah jadi semacam permainan untuk menentukan tanggal menu itu akan keluar. Misalnya dengan menulis menu di kertas, lalu mengundinya semacam arisan untuk keluar di tanggal tertentu.
 
Anak-anak suka dilibatkan. Ajak pula anak untuk ikut menyiapkan masakan itu, dimulai dengan apa yang mereka bisa, seperti mencuci bahan makanan, memotong sayuran, atau membantu mengaduk makanan di panci.

Baca juga: Kurang Gizi pada Buah Hati Sama Saja Undang Lima Penyakit Ini

2. Baca Buku
 
Lebih banyak di rumah, ada kemungkinan juga anak jadi lebih susah lepas dari gawai. Mereka dikelilingi televisi, komputer/laptop, tablet, atau ponsel. Segala hiburan digital sangat mudah diakses.
 
Untuk mengimbanginya dampingilah Anak membaca buku bertemakan Ramadhan. Aktivitas ini akan membuat si Kecil semakin terdorong untuk membangun pemahaman mengenai keyakinannya sebagai seorang Muslim.
 
Pilihlah buku-buku bergambar yang menceritakah kisah para Nabi yang dikemas sedemikian rupa untuk anak kecil seusia anak mama tercinta. Setelah itu, diskusikan mengenai nilai moral dan pelajaran berharga yang didapatkan dari cerita tersebut.
 
3. Ajak Berbagi
 
Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk lebih berempati terhadap sekitar. Apalagi, saat ini banyak orang yang terdampak pandemi Covid-19. Aktivitas seru untuk anak yang bisa dilakukan dengan mengajari anak untuk berbagi.
 
Ajari untuk menyisihkan uang jajan atau mengalihkan anggaran untuk acara atau kado ulang tahunnya menjadi sumbangan, apabila kebetulan ia berulang tahun. Anak bisa diajak memilih untuk apa atau siapa sedekah tersebut.
 
Dengan bahasa yang mudah dipahami, mulailah dengan mengajak mereka mengobrol tentang siapa saja yang terdampak Covid-19 atau siapa yang kehidupannya masih belum seberuntung kita. Lalu, diskusikan cara yang kira-kira pas untuk ikut membantu.
 
4. Bermain Games
 
Games adalah salah satu cara paling menyenangkan yang disukai oleh si kecil. Jika mungkin selama ini Anda lebih sering memberikan si kecil mainan, mungkin kini saatnya ikut bermain dengannya. 

Bahkan bisa juga mengkreasikan games yang asyik dimainkan bersama keluarga. Misalnya bermain teka-teki untuk menemukan barang-barang tertentu di rumah, kemudian yang  menang bebas memilih menu buka puasa. Atau bermain tebak-tebakan yang berhubungan dengan cerita islami atau surat pendek di Al-Quran. Bisa bermain sambil belajar, deh!
 
5. Dekor Kamar
 
Dalam menyambut bulan dengan tema tertentu, mendekorasi kamar tentu bisa dijadikan opsi terbaik untuk melengkapi suasana menjadi sesuai. Hal ini dapat dipraktekkan dalam rangka menyambut bulan Puasa bernuansa Ramadhan yang penuh berkah sekarang ini.
 
Mari ajak si Kecil untuk menghias kamar tidurnya dengan berbagai karya seni bertemakan Ramadhan seperti gambar atau lukisan, ornamen, hiasan menggemaskan lainnya.
 
Baca juga: Puasa Bukan Sekadar Ibadah tapi Latih Diri Terapkan Gaya Hidup Sehat     

Bagikan Artikel